Daftar  |  Masuk

Jurnal diahnovi96, 28 Okt 18

Panduan jam makan yang tepat saat diet

Anda keliru kalau mengira bahwa diet terbaik itu hanya makan sekali saja dalam sehari. Anda tak perlu sampai menahan lapar atau puasa seharian ketika menurunkan berat badan. Bukannya tambah kurus, Anda malah rentan mengalami hipertensi (tekanan darah tinggi) dan gangguan sistem imun. Jadi, sebaiknya tetaplah makan seperti biasa dengan jadwal berikut ini.

Sarapan

Sebuah penelitian pada 2015 dalam jurnal internasional Obesity menguak bahwa mengonsumsi sarapan tinggi protein pada pukul 6 sampai 9.45 pagi paling ampuh mencegah penumpukan lemak dan munculnya rasa lapar palsu seharian. Ahli gizi sekaligus juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics di Amerika Serikat, Jim White, juga menyetujui hal ini. Menurutnya, makan satu jam setelah bangun tidur adalah waktu terbaik. Jangan menunggu sampai jam 10 pagi baru sarapan.  

Camilan pagi

Ngemil di pagi hari memang tidak wajib. Namun, kalau Anda terbiasa makan sangat pagi tapi jam makan siangnya masih lama,camilan sehat bisa jadi solusinya. Untuk memastikan camilan Anda tak akan jadi lemak yang menumpuk begitu saja, pastikan Anda ngemil 2-4 jam setelah sarapan. Itulah waktu yang dibutuhkan bagi sistem pencernaan untuk mengolah makanan Anda ketika sarapan. Dengan begitu, pada saat Anda makan camilan, tubuh memang sudah siap untuk memproses makanan yang masuk.

Makan siang

Menurut para peneliti dalam The American Journal of Clinical Nutrition, makan siang lebih cepat terbukti efektif dalam menurunkan berat badan dibandingkan dengan makan siang yang sudah kesorean. Berdasarkan studi lain dalam International Journal of Obesity, Anda bisa menurunkan berat badan 25% lebih banyak kalau makan sebelum pukul 3 sore.

Camilan siang

Seperti halnya camilan pagi Anda, ngemil di siang atau sore hari juga bisa membantu mengganjal perut supaya nantinya tidak makan kebanyakan. Kuncinya adalah ngemil di jam yang tepat, yaitu 2-4 jam setelah makan siang, serta memilih camilan yang sehat seperti buah-buahan atau kacang.

Makan malam

Usahakan untuk makan pukul 5 sore hingga paling malam pukul 7. Jam makan ini dianggap paling tepat supaya ketika Anda mau tidur, tubuh sudah selesai mencerna makanan dengan sempurna. Kemudian, saat Anda terlelap adalah waktunya bagi tubuh untuk membakar kalori dan lemak. Sedangkan kalau Anda makan sebelum tidur, tubuh jadi tak sempat membakar kalori dan lemak karena masih sibuk mencerna makanan.

https://hellosehat.com/hidup-sehat/nutrisi/jam-makan-saat-sedang-diet/amp/

Lihat Kalender Diet, 28 Oktober 2018:
2166 kkal Lemak: 89,57g | Prot: 70,48g | Karb: 276,01g.   Makan Pagi: Sayur Lodeh, Urap, Nasi Putih, Tahu Goreng. Makan Siang: Wingko Babat, Brownies dengan Lapisan (Gula), Kokola Malkist Susu. Makan Malam: Ikan Bandeng Goreng, Pentol, Sambal Terasi Uleg, Tahu Goreng, Sup Sayur Vegetarian (Disiapkan dengan Air), Nasi Putih. Camilan/Lainnya: Ubi Jalar (tanpa Kulit, Dimasak, Direbus), Permen Keras, Kue Bolu Coklat, Buah Anggur. lagi...
2379 kkal Latihan: Membersihkan - 1 jam dan 30 menit, Tidur - 6 jam dan 30 menit, Istirahat - 16 jam. lagi...

12 Suporter    Dukung   

Komentar 
ini yg aku terapin smnjak diet dan kalori defisit. hsilnya ya jadi kebiasaan 😊 
27 Okt 18 oleh anggota: wiaa

     
 

Kirim Komentar


Anda harus masuk untuk mengirimkan komentar. Klik disini untuk masuk.
 


Sejarah Berat Badan diahnovi96


Dapatkan aplikasi ini
    
© Hak Milik FatSecret 2024.