Daftar  |  Masuk
#Repost from ig @arbiarso
・・・
HUBUNGAN SEHAT
.
Hal terbesar yang Saya pelajari tentang makanan adalah bukan soal efektif mana antara asupan protein 1.5 gr/kg berat badan dengan 2 gr/kg berat badan. Bukan soal carb cycling atau carb loading. Bukan soal kalori defisit atau surplus. Apalagi soal clean & dirty. Bukan. Tapi, soal hubungan sehat dengan makanan.
.
Tidak merasa takut dengan makanan ini dan itu. Tidak merasa menyesal setelah makan ini dan itu. Dan juga tidak aji mumpung makan ini dan itu. Punya pemahaman mendalam tentang makanan. Paham tentang "kenapa" dan "bagaimana".
.
Banyak saat ini orang terobsesi dengan makanan sehat (Orthorexia Nervosa). Jadi takut makan suatu jenis makanan dan merasa menyesal setelah memakannya. Padahal itu tidak sehat. Itu adalah obsesi.
.
Guru Saya bu @nunnyhersianna
sering mengingatkan, ini bukan cuma soal apa makanannya, tapi bagaimana memakannya dan kenapa memakannya.
.
Ya, saat ini orang sibuk dengan makan apa atau diet apa. Dan nggak sedikit yang dibangun berdasarkan Hoax. Padahal yang lebih mendalam adalah tentang bagaimana dan kenapa. Tentang hubungan dengan makanan.
.
Ingat, sehat itu bukan cuma secara fisik. Tapi secara psikis dan sosial.
Itulah definisi sehat yang sesungguhnya. Ngeri kan badannya bagus tapi kalau lagi sendirian di rumah muntahin paksa makanannya lagi? Atau dia takut dengan makanan ini dan itu yang didasarkan pada asumsi, bukan fakta. Bahkan banyak banget orang yang ikut gluten-free diet tapi nggak kenal apa itu gluten.
.
Jadi, bagaimana hubunganmu dengan makanan akan sangat banyak menentukan. 😊

Lihat Kalender Diet, 12 Januari 2019:
1728 kkal Lemak: 66,94g | Prot: 74,53g | Karb: 208,52g.   Makan Pagi: Morin Selai Strawberry, Sari Roti Roti Tawar (74g), Good Day Cappuccino. Makan Siang: Alfamart Kerupuk Kulit Kerbau, Mie Ayam. Makan Malam: Paha Ayam Goreng tanpa Pelapis (Kulit Dimakan), Tempe. Camilan/Lainnya: Ubi Dimasak, Bimoli Minyak Goreng, Emping Melinjo, Tropicana Slim Sweetener Classic, Kopi, Pisang Goreng, Kelapa Kering, Nasi Ketan (Ketan), Cheetos Jagung Bakar (15g). lagi...
1573 kkal Latihan: Berjalan (Sedang) - 5 km/jam - 15 menit, HIIT - 10 menit, Latihan Beban (Sedang) - 20 menit, Istirahat - 18 jam dan 15 menit, Tidur - 5 jam. lagi...

13 Suporter    Dukung   


     
 

Kirim Komentar


Anda harus masuk untuk mengirimkan komentar. Klik disini untuk masuk.
 


Sejarah Berat Badan 4n0n9


Dapatkan aplikasi ini
    
© Hak Milik FatSecret 2024.