Daftar  |  Masuk

Jurnal DINDA ROSALINA

6 sampai 10 dari 29
Halaman:   Sebelumnya  1   2   3   4   5   6  Berikutnya

08 Februari 2021

01 Februari 2021

MAU BERBAGI PENGALAMAN TERKAIT PUASA/IF
.
DISCLAIMER: semua kembali ke respon tubuh masing2. Aku cuma nyeritain apa yg terjadi di aku ketika aku cut kalori terlalu banyak.
.
Jadi menurut kalender Islam, Senin sampe Kamis kita bisa puasa sunnah. Akhirnya aku iseng buat ngejalanin, ngga ada tujuan defkal sama sekali. Tapi melihat pengalaman temen2 FS yg susah menuhin kalori pas puasa, aku jg ga berharap banyak dari diri sendiri. Jadinya aku yg biasanya makan di angka 1600 kalori, skrg jadi 1250-1350 minimal. Lebih ya alhamdulillah, pas segitu gapapa. Yg penting msh di atas bmr.
.
Tapi yg aku lupa, aku puasa itu bebarengan sama jadwalku haid. Dan setelah puasa 2 hari, aku baru sadar kalo haidku telat.
.
Hanya dengan cut kalori 300, dari 1600 ke 1300 selama 2 hari. Udah bisa bikin haidku telat. Emg telat cuma bbrp hari, tapi itu udh bikin aku lumayan khawatir dan auto bikin jsr, beli alpukat, beli pepaya dll :))))
.
Dan ngga berhenti sampe di situ. AKu tipe2 yg kalo haid deres bgt. Sederes apa? Aku siang pake pembalut 35cm, malemnya 42cm. Deres2nya itu bisa 2-3 hari. Dan aku kalo haid (dari awal flek sampe sisa2 flek lagi) pasti minimal 7 hari.
.
Sedangkan bulan ini haidku cuma 5 hari. Total. Dari flek doang, trs deres, trs flek lagi mau selesai cuma 5 hari. Deresnya cuma 1 hari. Itupun pake yg 35cm udh ngatasi, pembalutku yg 42cm ga kepake bulan ini.
.
Woo auto evaluasi diri dong. Setelah kuinget2, dietku emg ga pernah ekstrim. Aku mulai dari 1500 kalori, ikut itungan FS krn masih noob. Setelah tau kalo BMRku 1150, aku kurangin pelan2 banget, 50kcal/minggu.Jadi 1500-1450-1400 dst ampe 1250. Pernah nge-cut sampe 1150, bahkan sampe 1000--JANGAN DITIRU tapi bbrp hari doang. Stlh bbrp hari lgsg naik lagi 50kcal/minggu sampe TDEE (yg waktu itu ada di angka 1500). Tapi kali ini, dari 1600 lgsg jadi 1300 dalam waktu 1 hari.
.
Dari pengalaman ini aku belajar, puasa boleh tapi jangan deket2 waktu haid.
.
Pun kalo mau puasa deket2 haid, harus tetep makan di angka TDEE dan banyakin asupan pelancar haid kyk alpukat, walnut, pepaya, jsr dan temen2nya. Pun kalo mau nge-cut, maksimal TDEE — 100.
.
Jadi inget temen2 FS yg cut calori sampe 1000 dan di bawah itu. Ngga cuma bbrp hari, tapi sampe bbrp bulan. Mau ngingetin tapi banyak sjw koar2 "terserah dia mau makan apa dan seberapa", ngga ngingetin urusannya sama nyawa. Antara bingung dan kasian.

30 Januari 2021

12 Januari 2021

07 Januari 2021



Sejarah Berat Badan DINDA ROSALINA


Dapatkan aplikasi ini
    
© Hak Milik FatSecret 2021.